Perbandingan Xiaomi Redmi 1S Vs Android One, Handphone Berkualitas Murah

Android One, strategi google untuk menciptakan smartphone murah akhirnya dapat dipasarkan dan resmi masuk pasar Indonesia, dalam memasarkan smartphonenya Google bekerja sama dengan vendor lokal yaitu Mito, Nexian, Evercross.
 
Android One
Android One
Dengan harga yang terjangkau dibawah 1.5 jutaan Android One diprediksi akan membuat konsumen Indonesia banyak melirik produk Google ini. Google mengharapkan konsumen yang masih menggunakan produk feature Phone dapat beralih ke produk smartphone.

Android One bukan satu-satunya smartphone yang mempunyai harga rendah sudah banyak pesaing yang sudah masuk duluan kepasar Indonesia yang memiliki harga rendah dan mempunyai spesifikasi diatas rata-rata seperti Asus Zenfone 4S, Xiaomi Redmi 1S.
 
Xiaomi Redmi 1S
Xiaomi Redmi 1S
Android One sudah mulai dipasarkan di Indonesia salah satunya dari Evercross dengan nama Evercross One X yang mempunyai harga sekitar Rp 1,4 jutaan. Tentu saja persaingan di kelas low end akan semakin sengit, Evercross One X akan berhadapan langsung dengan Xiaomi Redmi 1S karena dari segi harga sudah bersaing.

Mempunyai bandrol harga yang sama sekitar Rp 1.4 jutaan namun spesifikasi yang di usung masing-masing ponsel ini mempunyai perbedaan, mari kita simak ulasan singkat mengenai dua smartphone ini Android One Vs Xiaomi Redmi 1S dibawah ini.

Bagian Layar
Ukuran layar Android One disematkan ukuran 4.5 inci dengan resolusi layar 854 x 480 piksel , semua versi Android One yang masuk ke pasar Indonesia mempunyai ukuran dan resolusi layar yang sama. Pesaingnya Xiaomi Redmi 1S dibenamkan layar lebih besar dengan ukuran 4.7 inci dengan resolusi lebih tinggi dari Android One dengan ukuran HD 1280 x 720 piksel.

Bagian OS
Salah satu keunggulan Android One karena ini merupakan proyek Google ponsel ini mempunyai sistem operasi yang update, mendapatkan prioritas memakai OS Android v 5.1 Lollipop.

Sementara pesaingnya Xiaomi Redmi 1S hanya mendapatkan jatah OS Android v4.3 JellyBean, namun untuk menutupi kekurangan Xiaomi mempunyai antar muka yang dikembangkan secara khusus dengan tampilan cepat dan keren, dan aplikasi bawaan yang tidak perlu tidak dibenamkan oleh Xiaomi untuk mengirit ruang penyimpanan.

Bagian Hardware
Beralih kebagian dapur pacu untuk Android One membenamkan chipset besutan MediaTek A7 1.3Ghz sementara Xiaomi unggul dengan kecepatan 1.6Ghz walaupun sama-sama menggunakan Quad-core Cortex A7, Chipset Xiaomi lebih cepat karena menggunakan chipset dari Qualcomm Snapdragon 400.

Untuk bagian pengolahan grafis Xiaomi membenamkan GPU besutan Adreno 305 sementara smartphone Android One menggunakan GPU Mali 400, biasanya smartphone unggulan atau kelas premium pengolahan grafis mempercayai GPU Adreno.

Selanjutnya dibagian besaran RAM kedua-duanya mempunyai RAM sebesar 1 GB dan mempunyai ruang penyimpanan sebesar 8 GB.

Bagian Kamera
Smartphone sangat identik dengan kemampuan kamera, kebanyakan pengguna terkadang kamera menjadi patokan dalam memilih smartphone, namun untuk diketahui besaran resolusi tinggi tidak menjamin kualitas gambar yang dihasilkan, jadi kualitas kamera ditentukan oleh lensa yang dimiliki smartphone tersebut.

Beralih kedalam topik, untuk Android One membenamkan kamera dengan resolusi 5 Megapiksel dibagian belakang dan untuk dibagian depan menggunakan resolusi 2 Megapiksel. Selanjutnya ponsel Xiaomi Redmi 1S lebih unggul dengan resolusi lebih besar yaitu 8 Megapiksel tetapi kamera depan lebih kecil dari kamera Android One hanya menyungsung 1.6 Megapiksel.

Fitur
Keduanya menyungsung slot Dual mini SIM (dual stanby) dan untuk ruang penyimpanan eksternal keduanya mempunyai ruang 32GB, untuk fitur lainnya standar kebanyakan smartphone seperti microUSB , jack audio 3.5 mm.

Kesimpulan
Dibagian terakhir ini ada beberapa kesimpulan perbandingan Android One Vs Xiaomi Redmi 1S, Redmi 1S unggul dari segi kamera dan spesifikasi software dan kualitas layar, sementara Android One unggul dalam sistem operasi yang update. Tentu saja Android One mendapatkan prioritas dari Google karena smartphone ini project dari Google.

Selanjutnya dibagian desain dan warna Android One lebih banyak pilihan model dan warna karena selain smartphone evercross One X yang di hargai sekitar Rp 1.4 jutaan vendor lokal lainnya seperti Mito dan Nexian juga menjual Android One dengan harga murah dan bervariasi.  Terimakasih atas kunjungannya semoga artikel ini bermanfaat bagi anda.